Bogor, 13 Mei 2022
Oleh Ruhyana/ PraktisiPendidikanindonesia
Umar bin Abdul Aziz bin Marwan seorang khalifah pada masa Daulah Umayah, yang sangat terkenal kesederhanaannya, walaupun jabatan sebagai seorang gubernur Hijaj, Mesir kemudian menjadi khalifah sejak usia relatif muda 28 tahun tidak membuat gelap mata dengan jabatan yang disandingnya, namun ia lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dunia akhirat, kezuhudan dan kewaraannya nampak dalam kesehariannya, walaupun ia memimpin Daulah kurang dari 3 tahun namun efek dakwahnya sangat brilian dan dirasakan sampai saat ini, Islam sudah mancapai daratan Eropa di Barat dan China di Asia Timur.
Umar bin Abdu Aziz sejak kecil senantiasa berada di majelis ilmu denga fakar-fakar fikih baik ketika di Mesir maupun sudah mukim di Madinah, diantara guru masa kecilnya Imam Malik bin Anas, Urwah bin Zubair, Abdullah bin Ja’far, Yusuf bin Abdullah dan sebagainya.
Sistem kekhalifahan pada masa Daulah Umayah sebagai kelanjutan sejarah khulafaur rasyidin, tentu ada perbedaan yang signifikan, dimana Daulah Umayah sudah dirasuki dengan kemewahan, ambisi kekusaan, korupsi sudah merajalela pada saat ini, sementara ilmu pengetahuan terus berkembang, wilayah silam semakin luas, namun orang-orang Islam sangat merindukan ukhuwah Islam, keadilan, kesahajaan khalifah arrasyidin seperti kesahajaan Abu Bakar, Keberanian Umar bin Khatab, kedermawanan Usman bin Affan dan ketegasan Ali bin Abi Talib. Status kaya-miskin mulai terlihat jelas, posisi pejabat-rakyat mulai terasa. Kafir dhimni pun mengeluhkan resahnya, “Sesungguhnya kami merindukan Umar, dia datang ke sini menanyakan kabar dan bisnis kami. Dia tanyakan juga apakah ada hukum-hukumnya yang merugikan kami. Kami ikhlas membayar pajak berapapun yang dia minta. Sekarang, kami membayar pajak karena takut.”. Baegitu juga ketika Muawiyah membaiat anaknya Yazid bin Muawiyah menjadi penggantinya. Tindakan ini adalah awal malapetaka dinasti Umayyah yang dia buat sendiri. Yazid bukanlah seorang amir yang semestinya. Kezaliman dilegalkan dan tindakannya yang paling disesali adalah membunuh sahabat-sahabat Rasul serta cucunya Husein bin Ali bin Abi Thalib. Yazid mati menggenaskan tiga hari setelah dia membunuh Husein.
Proses diangkatnya Umar bin Abdul Aziz menjadi khalifah berkat wasiat Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik yang menunjukkan untuk menjadi khalifah pada usia 37 tahun. Ketiaka beliau akan dilantik, beliau menolak untuk dilantik secara ramai-ramai, namun menggiring dan mengajak semua yang datang untuk pergi ke masjid sahalat berjamaah, kemudian beliau memberikan mengucapkan puji-pujian kepada Allah dan berselawat kepada Nabi s.a.w kemudian beliau berkata: “Wahai sekalian umat manusia! Aku telah diuji untuk memegang tugas ini tanpa meminta pandangan daripada aku terlebih dahulu dan bukan juga permintaan daripada aku serta tidak dibincangkan bersama dengan umat Islam. Sekarang aku membatalkan baiah yang kamu berikan kepada aku dan pilihlah seorang Khalifah yang kamu rida”.
Tiba-tiba orang ramai serentak berkata: “Kami telah memilih kamu wahai Amirul Mukminin dan kami juga rida kepada kamu. Oleh karenanya perintahlah kami dengan kebaikan dan keberkatan”. Lalu beliau berpesan kepada orang ramai supaya bertakwa, zuhud kepada kekayaan dunia dan mendorong mereka supaya cintakan akhirat kemudian beliau berkata pula kepada mereka: “Wahai sekalian umat manusia! siapa yang taat kepada Allah, dia wajib ditaati dan siapa yang tidak taat kepada Allah, dia tidak wajib ditaati oleh siapapun. Wahai sekalian umat manusia! Taatlah kamu kepada aku selagi aku taat kepada Allah di dalam memimpin kamu dan sekiranya aku tidak taat kepada Allah, janganlah siapa mentaati aku”. Setelah itu beliau turun dari mimbar.
Kesederhanaan beliau ketika mengawali menjadi khalifah pemimpin umat Islam dengan mengembalikan kekayaan yang dilakukan khalifah sebelumnya dengan cara zalim kepada pemilik-pemilik asalnya. Kemudian ia mengajukan pilihan kepada istrinya Fatimah dengan berkata: “Isteriku sayang, aku harap engkau memilih satu di antar dua.” Fatimah bertanya kepada suaminya, “Memilih apa, kakanda?”
Umar bin Abdul Azz menerangkan, “Memilih antara perhiasan emas berlian yang kau pakai dengan Umar bin Abdul Aziz yang mendampingimu.”Kata Fatimah, “Demi Allah, Aku tidak memilih pendamping lebih mulia daripadamu, ya Amirul Mukminin. Inilah emas permata dan seluruh perhiasanku.” Kemudian Khalifah Umar bin Abdul Aziz menerima semua perhiasan itu dan menyerahkannya ke Baitulmal, kas Negara kaum muslimin. Sementara Umar bin Abdul Aziz dan keluarganya makan makanan rakyat biasa, yaitu roti dan garam sedikit.
Setelah menjadi khalifah, beliau mengubah beberapa perkara yang lebih mirip kepada sistem feodal. Di antara perubahan awal yang dilakukannya ialah :
1) menghapuskan cacian terhadap Saidina Ali b Abu Thalib dan keluarganya yang disebut dalam khutbah-khutbah Jumaat dan digantikan dengan beberapa potongan ayat suci al-Quran
2) merampas kembali harta-harta yang disalahgunakan oleh keluarga Khalifah dan mengembalikannya ke Baitulmal
3) memecat pegawai-pegawai yang tidak cekap, menyalahgunakan kuasa dan pegawai yang tidak layak yang dilantik atas pengaruh keluarga Khalifah
4) menghapuskan pegawai pribadi bagi Khalifah sebagaimana yang diamalkan oleh Khalifah terdahulu. Ini membolehkan beliau bebas bergaul dengan rakyat jelata tanpa sekatan tidak seperti khalifah dahulu yang mempunyai pengawal peribadi dan askar-askar yang mengawal istana yang menyebabkan rakyat sukar berjumpa.
Selain daripada itu, beliau amat menitikberatkan tentang kebajikan rakyat miskin di mana beliau juga telah menaikkan gaji buruh sehingga ada yang menyamai gaji pegawai kerajaan. Beliau juga amat menitikberatkan penghayatan agama di kalangan rakyatnya yang telah lalai dengan kemewahan dunia. Khalifah umar telah memerintahkan umatnya mendirikan solat secara berjammah dan masjid-masjid dijadikan tempat untuk mempelajari hukum Allah sebegaimana yang berlaku di zaman Rasulullah SAW dan para Khulafa’ Ar-Rasyidin. Baginda turut mengarahkan Muhammad b Abu Bakar Al-Hazni di Mekah agar mengumpul dan menyusun hadith-hadith Raulullah SAW. Beliau juga meriwayatkan hadis dari sejumlah tabiin lain dan banyak pula ulama hadis yang meriwayatkan hadis daripada beliau.
Dalam bidang ilmu , beliau telah mengarahkan cendikawan Islam supaya menterjemahkan buku-buku kedoktoran dan pelbagai bidang ilmu dari bahasa Greek, Latin dan Siryani ke dalam bahasa Arab supaya senang dipelajari oleh umat Islam.
Dalam mengukuhkan lagi dakwah Islamiyah, beliau telah menghantar 10 orang pakar hukum Islam ke Afrika Utara serta menghantar beberapa orang pendakwah kepada raja-raja India, Turki dan Barbar di Afrika Utara untuk mengajak mereka kepada Islam. Di samping itu juga beliau telah menghapuskan bayaran Jizyah yang dikenakan ke atas orang yang bukan Islam dengan harapan ramai yang akan memeluk Islam.
Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang terkenal dengan keadilannya telah menjadikan keadilan sebagai keutamaan pemerintahannya. Beliau ingin semua rakyat dilayani dengan adil tidak memandang keturunan dan pangkat supaya keadilan dapat berjalan dengan sempurna. Keadilan yang beliau perjuangan adalah menyamai keadilan di zaman kakeknya, Khalifah Umar Al-Khatab.
Pada masa pemerintahan beliau, kerajaan Umaiyyah semakin kuat tiada pemberontakan dalaman, kurang berlaku penyelewengan, rakyat mendapat layanan yang sewajarnya dan menjadi kaya-raya hinggakan Baitulmal penuh dengan harta zakat kerana tiada lagi orang yang mahu menerima zakat. Rakyat umumnya sudah kaya ataupun sekurang-kurangnya mau berdikari sendiri. Pada zaman pemerintahan Umar bin Abdul Aziz ra, pasukan kaum muslimin sudah mencapai pintu kota Paris di sebelah barat dan negeri Cina di sebelah timur. Pada waktu itu kekausaan pemerintahan di Portugal dan Spanyol berada di bawah kekuasaannya.
Terdapat banyak riwayat dan athar para sahabat yang menceritakan tentang keluhuran budinya. Di antaranya ialah :
1) At-Tirmizi meriwayatkan bahwa Umar Al-Khatab telah berkata : “Dari anakku (zuriatku) akan lahir seorang lelaki yang menyerupainya dari segi keberaniannya dan akan memenuhkan dunia dengan keadilan”
2) Dari Zaid bin Aslam bahawa Anas bin Malik telah berkata : “Aku tidak pernah menjadi makmum di belakang imam selepas wafatnya Rasulullah SAW yang mana solat imam tersebut menyamai solat Rasulullah SAW melainkan daripada Umar bin Abdul Aziz dan beliau pada masa itu adalah Gabernur Madinah”
3) Al-Walid bin Muslim menceritakan bahwa seorang lelaki dari Khurasan telah berkata : “Aku telah beberapa kali mendengar suara datang dalam mimpiku yang berbunyi : “Jika seorang yang berani dari Bani Marwan dilantik menjadi Khalifah, maka berilah baiah kepadanya karena dia adalah pemimpin yang adil”.” Lalu aku menanti-nanti sehinggalah Umar b. Abdul Aziz menjadi Khalifah, akupun mendapatkannya dan memberi baiah kepadanya”.
4) Qais bin Jabir berkata : “Perbandingan Umar b Abdul Aziz di sisi Bani Ummaiyyah seperti orang yang beriman di kalangan keluarga Firaun”
5) Hassan al-Qishab telah berkata :”Aku melihat serigala diternak bersama dengan sekumpulan kambing di zaman Khalifah Umar Ibnu Aziz”
6) Umar b Asid telah berkata :”Demi Allah, Umar Ibnu Aziz tidak meninggal dunia sehingga datang seorang lelaki dengan harta yang bertimbun dan lelaki tersebut berkata kepada orang ramai :”Ambillah hartaku ini sebanyak mana yang kamu mahu”. Tetapi tiada yang mahu menerimanya (kerana semua sudah kaya) dan sesungguhnya Umar telah menjadikan rakyatnya kaya-raya”
7) ‘Atha’ telah berkata : “Umar Abdul Aziz mengumpulkan para fuqaha’ setiap malam. Mereka saling ingat memperingati di antara satu sama lain tentang mati dan hari qiamat, kemudian mereka sama-sama menangis kerana takut kepada azab Allah seolah-olah ada jenayah di antara mereka.”
Kepemimpinan sebagai khalifah diawali dengan langkah-langkah yang sama sekali berbeda dengan penguasa-penguasa sebelumnya. Apabila penguasa sebelumnya selalu dikelilingi para pembantu yang terdiri dari orang-orang jahat, para penjilat dan pengambil muka, yang kemudian terkenallah sebuah pameo, “Uang yang laku itu adalah uang yang palsu”. Tiba-tiba datanglah seorang pemimpin yang shaleh dan penuh dengan berkah, serta memberkahi kehidupan.
Mengawali pemerintahannya Umar bin Abdul Aziz dengan mengumumkan, bahwa ia melakukan pembaharuan dan perbaikan yang berkaitan berbagai aspek bidang kehidupan. Tidak dibenarkan selain yang benar, yang baik itu bukanlah yang buruk, kebenaran itu bukanlah kebohongan, adil itu bukan kesewang-wenangan, ujar Umar. “Inilah yang menjadi undang-undang dan system pemerintahanku”, tambah Umar.
Ketika itu, saat Umar menerima amanah memegang kekuasaan, sebagai pemimpin negara, maka dipilihlah sepuluh orang ulama yang shaleh dan terkemuka di Madinah, sebagai anggota majelis penasehatnya. Mereka adalah Ubaidallah bin Uthbah, Abu Bakar bin Salamah bin Abdurrahman, ‘Urwah bin ‘Uthbah, Abu Bakar bin Khaitsamah, Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar, Sulaiman bin Yasar, Khariyah bin Ziad bin Tsabit, Qasim bin Muhammad bin Hazm, Salim bin Abdullah, dan Abdulah bin ‘Amir bin Rabi’aih. Itulah sepuluh ulama terkemuka, yang mendampingi Umar bin Abdul Aziz dalam mengelola negara.
Dalam catatan sejarah yang ada, Umar berhasil menjadikan daerah yang dipimpinnya wilayah yang teladan dalam segala hal. Selanjutnya, Umar bin Abdul Aziz dipercaya memimpin seluruh wilayah Hejaz, seperti Makkah, Madihan, dan Thaif dan sekitarnya. Pengalaman ini menjadi perjalanan kehidupannya, yang kelak Umar bin Abdul Aziz akan mendapatkan kepercayaan yang lebih besar.
Putera Abdul Aziz ini selalu mengawasi setiap etika, norma hukum, dan pelaksanaan nilai-nilai Islam, khususnya dalam kehidupan masyarakat, sehingga kepemimpinannya bagaikan taman yang hijau, subur dan indah ditengah-tengah kobaran api kedurhakaan. Ia memimpin umatnya dan membangun kebesarannya, bukan dengan kekerasan, tetapi dengan kehalusan budi, sikap, kerendahan hati terhadap sesama manusia, yang disertai dengan keadilan, kebijaksanaan serta kasih sayang, tanpa memilih-milih. Seorang ulama ahli hadhist besar dan terkemuka, Said bin Musaiyib, berkali-kali datang ke balai pemerintahan guna menamui Umar. Padahal, sebelumnya Umar selalu menolak menemui seorang umara’, atau amir.
Sampai, Umar menerima tugas yang lebih besar lagi, diangkat menjadi pemimpin (khalifah), yang memiliki tanggungjawab yang lebih besar lagi. Isterinya, Fatimah binti Abdul Malik, mengisahkan suatu peristiwa yang dialaminya, yaitu, “Suatu hari aku masuk ke kamarnya, dan kulihat ia sedang duduk diatas tikar shalatnya. Pipinya ditempelkan diatas tangannya, dan airmatanya mengalir tanpa henti …
Lalu, Fatimah bertanya, “Mengapa engkau menangis seperti ini?”, tanya Fatimah. “Oh .. malangnya Fatimah, aku diberi tugas mengurus seperti ini… Yang menjadi buah pikiranku adalah nasib si miskin yang kelaparan, orang yang merintih kesakitan, orang yang terasing di negeri ini, orang-orang tua renta, janda yang sendirian, orang-orang yang mempunyai tanggungan keluarga yang besar dengan pengasilan yang sangat kecil, dan orang-orang yang senasib dengan mereka di ujung seluruh pelosok negeri, baik di timur maupun barat, di utara maupun selatan.
“Wahai isteriku, aku tahu, Allah Azza Wa Jalla akan meminta pertanggungjawaban kepadaku di hari kiamat kelak, sedangkan pembela mereka adalah Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam”, keluh Umar.
Demikianlah sekelumit kesederhanaan Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang perlu kita renungkan dan kita jadikan tauladan bagi kita semua. Kederhanan tidak membuat para pelakunya menjadi miskin namun sangat berlimpah dengan kekayaan karena keberkahan akan menyelimuti kehidupan, hal tergambar dengan sulitnya orang yang mau menerika sedekah, karena orang yang mau berderma hampir semua ingin berderma. Kebalikan dengan saat ini, yang mencari sedekah lebih banyak dari yang bersedekah, orang kaya mengaku miskin jika ada antrian BLT dan sebagainya, begitu juga subsidi untuk orang miskin lebih banyak dinikmati oleh orang-orang kaya. Astagfirullah, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua, jika karena ulah kita membuat kemiskinan semakin manjadi dan tumbuh berkembang.
You must be logged in to post a comment.